SELAMAT DATANG DI SITUS KAMI, BILA  TERDAPAT KEKELIRUAN DAN KESALAHAN SEGALA BENTUK TULISAN BERITA YANG SUDAH DITERBITKAN MENJADI TANGUNG JAWAB PENULIS SEPENUHNYA

Pemkab Tanjab Barat Gelar Upacara Peringati HKN Ke-59

Kualatungkal, Publiknusantara.com – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Pemkab Tanjabbar), menggelar Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 dengan tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju,” bertempat di Halaman Kantor Bupati, Senin (13/11/23).

Upacara Peringatan HKN ke-59 tahun 2023 yang dipimpin langsung Bupati Tanjabbar Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag tersebut turut di hadiri Ketua DPRD beserta Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Pejabat Tinggi Pratama dan Administrator Lingkup Pemkab Tanjabbar dan Peserta upacara yang terdiri para TNI Polri, Satpol-PP dan Dinas Kesehatan dan para ASN.

Membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Bupati menyampaikan bahwa setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak, itulah amanat UUD 1945.

“Berdasar mandat itulah 6 pilar Transformasi Kesehatan penopang sistem kesehatan Indonesia harus kita bangun bersama dengan serius dan terus-menerus,” tutur Bupati.

Pasca disahkannya UU Kesehatan nomor 17 tahun 2023 tentang Kesehatan, pemerintah sedang menyusun Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK) yang berfungsi sebagai haluan bersama dalam upaya pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia.

“Enam pilar transformasi kesehatan harus ditegakkan bersama baik pemerintah pusat, daerah dan seluruh elemen masyarakat,” terangnya.

“Dari fokus mengobati menjadi mencegah, dari akses layanan kesehatan yang sudah menjadi mudah, dari industri kesehatan yang bergantung ke luar negeri menjadi mandiri di dalam negeri, dari sistem kesehatan yang rentan di masa wabah menjadi tangguh, dari pembiayaan yang tidak efisien menjadi transparan dan efektif, dari tenaga kesehatan yang kurang menjadi cukup dan merata, dari sistem informasi yang terfragmentasi menjadi terintegrasi dan dari teknologi kesehatan yang tertinggal menjadi terdepan,” katanya

Mengakhiri sambutannya, Menkes memberi pesan transformasi pilar ketujuh yaitu transformasi budaya kerja para insan Kesehatan.

“Nilai-nilai dasar ASN ber-Akhlak wajib kita hidupi untuk mewujudkan birokasi yang akuntabel dan profesional. Harapan saya seluruh pegawai dan pejabat pemerintah baik dipusat maupun daerah dapat bekerja dengan kompeten, jujur selaras dalam mengawal dan menyukseskan Transformasi Kesehatan. Mari kita bekerja sungguh-sungguh, tidak korupsi dan layani masyarakat sepenuh hati,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu Bupati menyerahkan Sertifikat Akreditasi kepada Puskesmas Tungkal V Kecamatan Seberang Kota sebagai pengakuan bahwa fasilitas pelayanan kesehatan telah memenuhi standar akreditasi dan dinyatakan Lulus Paripurna. (Har/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *