SELAMAT DATANG DI SITUS KAMI, BILA  TERDAPAT KEKELIRUAN DAN KESALAHAN SEGALA BENTUK TULISAN BERITA YANG SUDAH DITERBITKAN MENJADI TANGUNG JAWAB PENULIS SEPENUHNYA

Ir Artono Anggota DPRD Jatim Ajak Disabilitas Mempunyai Penghasilan

Lumajang,PN – Bertempat di kantor Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Ir Artono Wakil ketua komisi E DPRD Provinsi Jatim wilayah Dapil V Lumajang-Jember melaksanakan hearing.

Kegiatan yang pimpin Wakil ketua komisi E tersebut di hadiri puluhan disabilitas se-kabupaten Lumajang.

“Pemberdayaan kepada disabilitas sangat penting , sebab mereka bukan hanya untuk dikasihani namun mereka harus mempunyai income untuk keberlangsungan hidup,”ujar Artono anggota DPRD Provinsi Jatim fraksi PKS.29/11/2022.

Politisi PKS itu mengatakan bahwa mereka harus kita perhatikan melalui pelatihan maupun Balai Latihan Kerja (BLK) atau bantuan peralatan yang di butuhkan.

“Mereka harus punya kegiatan ekonomi agar punya pemasukan , oleh sebab itu kami sebagai wakil rakyat yang ada di provinsi siap membantu memberikan pendampingan agar mereka ( Kaum disabilitas) mempunyai pemasukan,”ungkapnya.

Lanjut Artono penyandang disabilitas, mempunyai hak yang setara dengan orang lain. Meski begitu, diskriminasi masih kerap dirasakan karena mereka dianggap tidak mandiri.

“Demi mencapai kemandirian, penyandang disabilitas harus melakukan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan meningkatkan keterampilan sosial, tapi kurang tersedianya lapangan pekerjaan bagi penyandang disabilitas membuat penyandang disabilitas lebih memilih untuk bekerja pada sektor usaha, contoh tukang Pijat., ” terang Artono Wakil ketua komisi E DPRD Jatim.

Lanjut pria kelahiran Lumajang itu menjelaskan bahwa menjadi tantangan tersendiri bagi penyandang disabilitas karena mereka harus dapat beradaptasi dengan lingkungan , bertemu dengan orang baru tentunya bukan hal yang mudah, belum lagi diskriminasi yang telah dirasakan oleh penyandang disabilitas tentu dapat menghambat proses penyesuaian diri.

“Oleh karena itu disabilitas banyak menjadi pekerja sosial , bekerja di bidang jasa tapi tak sedikit yang berusaha secara mandiri walaupun kecil kecilan. Akan tetapi peran pegiat sosial sangat penting untuk di hubungkan dengan kaum disabilitas, ” jelasnya.

Pria yang berlatar belakang pengusaha itu menambahkan bahwa kami akan selalu ada untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat tak terkecuali kamu disabilitas.

“Kami siap mengadakan pelatihan dan pendampingan kepada kaum disabilitas agar mempunyai penghasilan , apa yang bisa kami lakukan untuk mereka kami selalu siap, ” tandasnya.

Laporan : Ji.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *