SELAMAT DATANG DI SITUS KAMI, BILA  TERDAPAT KEKELIRUAN DAN KESALAHAN SEGALA BENTUK TULISAN BERITA YANG SUDAH DITERBITKAN MENJADI TANGUNG JAWAB PENULIS SEPENUHNYA

Ditemukan Nama Perusahaan Tambang “Gelap”

Jember,PN – Bupati Jember Hendy Siswanto, memanggil 13 perusahaan yang bakal menggarap tambang Gunung Sadeng, Senin (19/9). Namun ada beberapa nama perusahaan “gelap” yang juga diundang hearing, bersama stakeholder terkait.

Dari hasil penelusuran awak media ini perusahaan “gelap”, maksudnya perusahaan yang tidak tertera di peta tambang Gunung Sadeng Puger, yang dirilis Kementerian ESDM RI di Jakarta. Ketiga nama perusahaan tersebut PT. Nanyang Group
CV. Cahaya Bangkit
CV. Setya Sadeng.

Sebelumnya, Bupati Hendy seperti yang dirilis resmi Diskominfo Jember, menyatakan bahwa Pemkab Jember akan menggunakan pola KSP atau kerjasama pemanfaatan dengan para pengusaha tambang batu kapur.

Kemudian, Pemkab Jember memfasilitasi masing-masing perusahaan untuk melakukan penilaian (appraisal) yang dilakukan oleh KJPP (Kantor Jasa Penilai Publik).

“Kami fasilitasi mereka semua untuk membuat appraisal KJPP sesuai masing-masing perusahaan. Mereka bisa menghitung berapa nilai rupiah kerjasama pajak dengan KJPP. Kita akan nilai berapa yang perlu di kontribusi ke Pemkab Jember dan berapa pengambilannya. Kami butuh pendapatan yang besar dari PAD tersebut,” ungkap Bupati kepada awak media. 

Sumber media ini menerima 13 nama perusahaan tambang di Gunung Sadeng Puger, yang diundang hearing Bupati Jember. Berikut nama-nama perusahaan tersebut :

Seperti kelompok pertama, perusahaan pemegang izin usaha pertambangan batu kapur dan pemegang HPL. Seperti : PT. Gunung Klabet Citra Abadi. PT. Imasco Tambang Raya. PT. Widya Utama Sentosa. PT. Mahera Jaya Perkasa. PT. Indilime Prima Mitra Utama. CV. Kemuning Jaya Utama dan CV. Asih.

Sedangkan perusahaan yang hanya memegang HPL namun tanpa dilengkapi izin usaha pertambangan batu kapur, yang diundang CV. media Karya.

Kemudian, ada lima perusahaan yang sama sekali tak mengantongi izin, namun diundang bupati. Diantaranya, PT. Nanyang Mining Group. PT. Nirwana Lime Indonesia. CV. Panen Raya. CV. Cahaya Bangkit dan CV. Setya Sadeng.

Rapat koordinasi tindak lanjut pengelolaan Gunung Sadeng yang bertempat di lobby Bupati itu di hadiri Bupati Jember Hendy Siswanto, Plt Sekda , asisten pembangunan dan perekonomian ( Asisten ll ). Kepala Bappeda , Kadisperindag, Ka Satpol PP, Ka BPKAD dan Kabag Perekonomian.( Ji ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!