SELAMAT DATANG DI SITUS KAMI, BILA  TERDAPAT KEKELIRUAN DAN KESALAHAN SEGALA BENTUK TULISAN BERITA YANG SUDAH DITERBITKAN MENJADI TANGUNG JAWAB PENULIS SEPENUHNYA

BPN Jember Sumbang PAD Hingga 65 Milyar, Topi Bangsa Dukung Penuh Pelepasan Aset Pemda

JEMBER,PN – Topi Bangsa Jember mendukung penuh Pemerintah Daerah Kabupaten Jember soal pelepasan aset ke Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Jember , hal itu di ungkapkan Ketua Umum ( Ketum) Ormas Topi Bangsa Baiquni Purnomo.

Menurutnya , pelepasan tanah hibah ke BPN untuk kantor baru dirasa sangat penting karena sebelumnya kantor BPN yang ada di jalan Jl. KH Shiddiq No.55, Kelurahan Jember Kidul , kurang layak dan sering menimbulkan kemacetan.

“Kami mengapresiasi pemerintah daerah kabupaten Jember untuk menghibahkan asetnya ke BPN,”ungkap Ketua Umum Topi Bangsa Baiquni Purnomo. 18/11/2022.

Baiquni Purnomo atau yang biasa di sapa Gus Baiqun mengatakan bahwa landasan dukungan kepada Pemkab Jember yakni , selain kantornya juga sempit beberapa pelayanan kepada masyarakat kurang maksimal.

“Ambil contoh saja , lahan sempit , parkir juga sulit , baik tamu maupun karyawannya, sehingga harus parkir di tepi jalan yang mengakibatkan kemacetan, apalagi Jl Ahmad Siddiq arus lalu lintas padat dan rame,”terang Gus Baiqun.
18 /11/2022.

Gus Baiqun juga menjelaskan bahwa , selain menimbulkan kemacetan yang disebabkan parkir , dukungan kami juga tentang keamanan arsip.

“Arsip masyarakat yang ada di BPN itu sangat penting disimpan di tempat yang betul-betul aman , karena kalau hilang satu saja , otomatis menimbulkan masalah dan akan di rasakan oleh masyarakat itu sendiri , khususnya pemilik obyek,”terang Gus Baiqun.

Ketum Topi Bangsa juga menambahkan bahwa , selama ini antara Pemkab Jember dengan ATR BPN ada sharing profit.

“BPN itu tahun 2022 saja nyumbang Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) ke Pemerintah Daerah 65 Milyar , tapi bukan hanya tahun 2022 saja ,di tahun tahun sebelumnya juga nyumbang PAD, jadi soal pelepasan aset pemerintah daerah ke BPN secara pribadi maupun mewakili Topi Bangsa sangat mendukung,”paparnya.

Lebih jauh Gus Baiqun menjelaskan bahwa , jika sebelumnya BPN Jember meminta lapangan Talangsari untuk di buat kantor baru dan sempat kami tidak mendukung bahkan kontra.

“Kalau lapangan Talangsari kami “Topi Bangsa” sangat tidak mendukung , karena lapangan Talangsari itu tempat olahraga para santri dan anak anak sekitar lapangan,”jelas Gus Baiqun.

Tapi , lanjut Gus Baiqun . kalau di GOR saya sangat mendukung , karena tanahnya juga nganggur dan selama ini di biarkan tergeletak begitu saja . Maka sekali lagi saya secara pribadi maupun mewakili Topi Bangsa sangat mengapresiasi dan mendukung penuh Pemkab Jember dalam menghibahkan asetnya kepada BPN Jember .

Sementara itu , Ahyar Tarfi kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jember membenarkan bahwa selama ini BPN ada sharing profit.

“Tahun sekarang 2022 BPN sumbang PAD 65 Milyar, berbeda dengan tahun sebelumnya,”ungkap Ahyar Tarfi kepada awak media.

Ahyar nama sapaan juga mengatakan bahwa permohonan aset ke Pemkab Jember untuk kantor BPN sudah melalui proses dan tahapan.

“Sebelumnya kita pernah audensi dengan DPRD, kami di undang , lalu DPRD mendatangi kantor kami ngecek, dan Alhamdulillah sudah selesai semua dan clier ,”ungkap Ahyar.

Ia juga menjelaskan bahwa , benar yang di sampaikan Gus Baiqun bahwa BPN penyimpanan arsip hingga karyawan harus bekerja di luar ruangan itu memang benar. Penyimpanan arsip yang tahun 2021 sudah tidak muat lagi , di tambah arsip yang tahun 2022 yang jumlahnya sekitar 70 ribuan , “gak muatlah”.

“Masak kami harus sewa gedung lain untuk menyimpan arsip , ya..tidak mungkin lah karena arsip itu sesuatu yang tidak boleh terpisah dengan kami , dan terpenting arsip itu harus betul betul aman , sebab itu dokumen penting milik warga Jember”pungkasnya.

Laporan : Mujianto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *